Monday, April 30, 2012

Brownies Kukus

Setelah sekian lama berkecimpung di dunia wanita alias dapur bunda, baru kali ini hati saya tergerak untuk menulis perjalanan panjang hingga tercipta kreasi kue Amanda Cookies. Bermula dari hobby masak sampai akhirnya bisa menjual berbagai macam kue walau masih kecil-kecilan. Kali ini saya akan menulis resep brownies kukus. Siapa sih yang tidak kenal kudapan yang satu ini? Selain rasanya yang manis juga aroma coklatnya yang khas, teksturnyapun lembut sehingga membuat orang banyak memburunya.
Dalam membuat kue yang satu ini saya banyak mengalami kegagalan. Ibarat orang yang jatuh bangun, saya tidak menyerah begitu saja. Pada percobaan pertama brownies saya banyak remahnya dan ketika dipotong kelihatan rapuh dan banyak yang rontok. Sayapun mengutak atik resep-resep di majalah dan internet. Tapi semua resep tersebut kurang memuaskan hasilnya. Entah pada percobaan yang ke berapa kali brownies saya tidak kunjung matang sampai saya harus mengukusnya dua kali. Setelah hampir 1 jam (waktu yang terlalu lama buat mengukus kue) sayapun mengangkat brownies dari kukusan. Setelah saya keluarkan dari loyang ternyata bawahnya masih basah. Setelah saya pelajari ternyata takaran gulanya terlalu banyak

Akhirnya kegagalan sayapun berakhir setelah saya mencoba mengkreasikan resep sendiri. Dan resep inilah yang perlu dicoba oleh pemula karena saya menulisnya dalam porsi kecil. Sehingga kalau gagal tidak terlalu banyak kerugian yang kita keluarkan. Satu tips dari saya, dalam membuat kue ikuti langkah-langkah yang telah tertulis karena proses pembuatan brownies ini bertahap. 



Nah, ini dia resep brownis kukus saya:

Bahan 1:
2 butir telur ayam
50 gram gula pasir
1/2 sdt SP

Bahan 2:
70 gram mentega dicairkan bersama
100 gram coklat masak pekat

Bahan 3:
70 gram tepung terigu
10 gram tepung maizena
10 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
Bahan 3 diayak jadi satu

Cara membuat : 

  1. . Kocok bahan 1 dengan mikser kecepatan tinggi hingga mengembang
  2. Setelah bahan 2 dingin, masukkan kedalam bahan 1 aduk perlahan dengan menggunakan centong kayu
  3. . Masukkan bahan 3 ke dalam kedua bahan diatas
  4. . Masukkan adonan yang sudah jadi kedalam loyang brownies yang sudah dialasi kertas roti dan di oles mentega
    5.  Kukus selama 30 menit

Nah....selamat mencoba semoga berhasil

No comments:

Post a Comment